Pengertian Data

Pengertian data secara umum adalah bahan baku yang didefinisikan sebagai kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas tindakan, benda, dan sebagainya.

pengertian data sumber gambar: www.blogliterasi.com

Data terbentuk dari karakter yang bisa berupa huruf alfabet, angka, maupun simbol khusus seperti *, # dan /. Data disusun untuk diolah dalam bentuk struktur data, struktur file dan basis data.

Beberapa pengertian data menurut para ahli.

Menurut kamus bahasa Indonesia, data diartikan atau diterjemahkan sebagai fakta atau bahan-bahan keterangan.

Dari sudut pandang bisnis, terdapat pengertian data bisnis sebagai berikut: “Business data is an organization’s description of things (resources) and events (transactions) that it faces.” Jadi data dalam bisnis merupakan gambaran organisasi tentang sesuatu (sumber) dan peristiwa (transaksi) yang terjadi.

Data is descriptions of things and events that we face (data merupakan gambaran tentang sesuatu atau peristiwa yang kita hadapi.

Gordan B. Davis dalam buku Management Information System: Conceptual Foundations, Structures and Development yang dikutip oleh Teguh Wahyono dalam buku Sistem Informasi, menyebut data sebagai bahan mentah (raw materias) yang dirumuskan sebagai sekelompok lambang-lambang tidak acak yang menunjukkan jumlah atau tindakan, atau hal lain.

Misalkan: Data Primer dan Data Sekunder merupakan sumber-sumber data informasi yang dikumpulkan untuk menjadi dasar kesimpulan dari sebuah penelitian.

Meskipun pada hakikatnya pengertian keduanya sama-sama merupakan sumber data, namun berbeda cara memperolehnya.