Pegal Karena Duduk Lama? Cobalah Senam Peregangan Ini

Sering kali rasa pegal dan capek melanda jika duduk terlalu lama, entah itu bekerja, bepergian jauh dan lain sebagainya. Padahal duduk dalam waktu lama kurang baik untuk kesehatan, terutama jika sering bermasalah dengan sendi-sendi tubuh.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa senam peregangan sederhana untuk melancarkan peredaran darah yang dikutip dari laman www.padamu.net. Lakukan jika rasa pegal mulai timbul untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih segar serta sehat.

Senam Peregangan

Senam Peregangan Sederhana

Berikut beberapa senam peregangan yang bisa Anda coba:

Peregangan Lengan

Peregangan lengan biasanya dilakukan oleh atlit bola basket sebelum melakukan permainan, namun peregangan lengan bisa membantu menyegarkan tubuh dan meregangkan bahu serta otot punggung.

Caranya, luruskan lengan dan tautkan jari-jemari tangan Anda dengan siku menghadap ke luar. “Tekan” kedua telapak tangan sampai lengan-lengan Anda meregang, dan tahan posisi ini selama 3 detik, tetapi jaga agar punggung tetap lurus.

Peregangan Bahu

Untuk memulai senam bahu, duduklah dengan punggung tegak tanpa bersandar, dan letakkan kedua tangan di atas paha.

Angkat bahu perlahan dan tahan selama 3-5 detik, lalu turunkan. Setelah beberapa kali, putar kedua bahu ke depan dan ke belakang beberapa kali.

Peregangan Lengan dan Bahu ke Belakang

Senam ini hampir sama dengan gerakan sebelumnya, tetapi dengan kedua lengan diarahkan ke belakang punggung. Tautkan kedua telapak tangan di belakang tubuh sehingga menghadap ke atas.

Regangkan kedua lengan dan tahan selama 2-3 detik, tetapi jaga agar punggung tetap lurus. Pastikan Anda merasakan bahu juga ikut teregang.

Senam Kaki Sederhana

Lakukan senam sederhana untuk melancarkan aliran darah di kaki Anda dan menghindari pegal atau kram.

Untuk melakukan senam kaki sederhana, duduklah dengan punggung dan kaki tegak serta dirapatkan satu sama lain. Angkat salah satu kaki dan letakkan tegak lurus di atas paha, dengan telapak kaki menghadap ke luar.

Pegang ujung kaki lalu putar kaki beberapa kali ke depan dan belakang, sambil menjaga agar bagian kaki yang lain tetap di tempat. Ulangi pada kaki yang satunya untuk menjaga agar aliran darah lancar.

sumber: https://www.padamu.net/duduk-lama-di-kereta-api