Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Untuk menolak serangan mikro organisme penyebab penyakit ke dalam tubuh saat musim hujan, setidaknya ada empat langkah yang perlu diperhatikan menurut laman lenterakeluarga.com. Apakah itu?

Tetap Sehat Saat Musim Hujan

1. Jaga Pola Makan

Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Untuk itu, frekuensi makan perhari harus tetap diperhatikan, yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Yang harus diprioritaskan adalah sarapan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik akan membantu menjaga usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

2. Berolah Raga

Sistem kekebalan tubuh harus dijaga untuk menangkal serangan penyakit. Olah raga merupakan cara sederhana dan mudah, namun besar manfaatnya. Olah raga bisa dilakukan indoor, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berolah raga saat hujan.

  1. Jaga Kualitas Tidur

Kualitas tidur sangat menentukan dan berperan penting di tengah cuaca dingin musim hujan. Rekomendasi waktu tidur perhari untuk:

  • anak pra sekolah usia 3-5 tahun selama 10-13 jam,
  • anak sekolah usia 6-13 tahun selama 9-11 jam,
  • remaja usia 14-17 tahun selama 8-10 jam,
  • usia 18-25 tahun direkomendasikan tidur selama 7-9 jam,
  • usia dewasa 26-64 tahun selama 7-9 jam,
  • usia lansia lebih dari 65 tahun direkomendasikan tidur selama 7-8 jam perhari.

4. Kelola Stress

Ketika musim hujan, seseorang dengan mudah terkena stress, misalnya karena terlambat bekerja karena hujan turun sebelum kita tiba di kantor. Dampaknya secara fisiologis, seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih.

Manajemen stres salah satunya dapat dilakukan melalui strategi fisik, yakni menenangkan diri melalui relaksasi.

Tetap Sehat Saat Musim Hujan